BREAKING NEWS

Vacation

Trending

Tahukah anda ?

Tuesday, 10 March 2015

Taman Kupu - Kupu Tabanan


Jika di daerah Bogor ada Taman Buah, di Bali kupu-kupu juga ada tamannya. Benar sekali, di Desa Wanasari Anda bisa menemukan Taman Kupu Kupu yang unik karena didalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan jenis kupu-kupu. Taman Kupu-kupu ini berlokasi di Jl.Batukaru, Br.Sandan lebah, Wanasari, Tabanan. Tepatnya 6 Km ke arah utara dari pusat kota. Kupu-kupu yang merupakan salah satu persembahan kekayaan alam di negeri ini kini dihimpun di sebuah taman yang disebut dengan Taman Kupu Kupu. Unik dan menarik, bukan?

Dari taman ini setiap harinya dilepaskan ratusan ekor kupu kupu yang beraneka warna, dimana salah satunya yang terkenal adalah Kupu Kupu Sayap Burung Sorga (Omithoptera Paradisea). Taman Kupu Kupu yang merupakan satu-satunya di Indonesia ini berupaya untuk mengembangbiakkan sekaligus menangkar aneka kupu-kupu untuk keperluan pengetahuan ilmiah maupun sebagai studi pendidikan di masa yang akan datang.

Taman ini juga memproduksi aneka macam kerajinan yang terbuat dari berbagai macam serangga, sebagai misal: framing butterfly yang merupakan bingkai isi kupu-kupu, framing beetle yang merupakan bingkai berisi kumbang, gantungan kunci yang terbuat dari serangga, paper weight atau penindih kertas yang terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, selipan pembatas buku, lukisan dari sayap kupu-kupu, serta masih banyak lagi.

Taman Kupu-Kupu ini merupakan yang terbesar di Asia. Lokasinya memang tak terlalu mencolok, dimana berada di areal seluas 1/3 hektar saja. Namun di tempat ini berbagai jenis kupu-kupu dari yang umumnya ditemukan manusia sampai yang langka semuanya lengkap ada disini. Pengunjung yang datang ke lokasi Taman Kupu-Kupu ini bisa melihat kupu-kupu yang sedang menghisap bunga. Kejadian tersebut bisa dinikmati jika Anda berkunjung pagi-pagi sekitar jam 10.

Di tempat ini juga terdapat berbagai koleksi kalajengking dan kumbang. Dan bagi Anda yang ingin membawa koleksi berupa kupu-kupu yang telah dikeringkan dan dikemas dalam bingkai kaca, Anda dapat memperolehnya di kantor pengelola dengan harga mulai dari Rp. 50.000. Untuk dapat memasuki kawasan wisata ini, wisatawan domestik dikenai biaya sebesar Rp. 15.000 per orang. Sementara wisatawan asing dikenai tiket masuk sebesar Rp. 50.000 per orang, taman di buka setiap hari dari Jam 8.00 s/d Jam 17.00 wita dan tiket terakhir jam 16.00 wita.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Lifestyle |Tentang Kami | Privacy Policy
Powered byBlogger