BREAKING NEWS

Vacation

Trending

Tahukah anda ?

Tuesday, 10 March 2015

Pantai Pandawa


Pantai Pandawa adalah sebuah pantai yang berada di ujung Desa Kutuh, pantai ini tadinya dikenal sebagai Pantai Kutuh. Meskipun pantai ini sangat indah, pengunjungnya sangat jarang. Berada di kaki tebing karang yang menjulang tinggi, untuk mencapai pantai ini diperlukan perjuangan berat menuruni dan menaiki tangga yang sangat tinggi untuk mencapai pantai dan kembali ke atas. Untuk mencapai bibir tebing, memang ada jalan, tetapi hanya jalan yang terbuat dari batu putih, sempit dan berdebu. Pada saat pemerintah kemudian mengiris tebing karang dan membangun jalan lebar beraspal mulus langsung ke tepi pantai, popularitas Pantai Pandawa melejit bahkan mengalahkan pantai-pantai lain yang sudah lebih dahulu terkenal, sebut saja Sanur, Jimbaran, atau Nusadua.

Berada di sisi selatan semenanjung selatan Bali, akses menuju Pantai Pandawa juga melalui jalur menuju Pura Uluwatu. Di perempatan setelah GWK, ambil arah ke kanan menuju Ungasan. Ikuti jalan ini sampai anda melihat persimpangan besar ke kiri jalan membelah tebing karang. Masuk ke jalan yang cukup lebar dengan 4 lajur. Selang beberapa menit anda akan melihat persimpangan ke arah kanan dengan penunjuk arah menuju Pantai Pandawa yang cukup jelas. Ikuti jalan ini, dan anda akan sampai ke Pantai Pandawa di ujung jalan.

Melintasi jalan yang diapit tebing menjulang di kiri-kanannya, anda akan memasuki kawasan Pantai Pandawa dari ketinggian dimana anda dapat melayangkan pandangan ke seluruh bentangan pantai di bawahnya. Di sisi tebing dibuat ceruk-ceruk besar dimana patung-patung anggota Keluarga Pandawa dari kisah epos Ramayana ditempatkan, mewakili nama tempat wisata yang baru secara resmi diperkenalkan pemerintah pada akhir tahun 2012 ini. Di depan jejeran patung, jalan bercabang. Lurus ada sebuah bangunan terbuka besar yang ditempati sejumlah pedagang. Pantai di sisi ini relatif sempit, namun demikian para peselancar lebih memilih bagian ini karena lebih dekat ke titik ombak yang cocok untuk berselancar.

Kebanyakan pengunjung berbelok ke arah kanan menuju tempat parkir utama yang sangat luas dimana motor, mobil, dan bis-bis besar diparkir. Dari lapangan parkir anda hanya perlu menyeberangi jembatan kecil untuk mencapai pantai.

Bentangan pantai yang cukup panjang ini landai dan berpasir putih, sementara airnya biru jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Tidak heran jika pengunjung bisa dengan leluasa berenang dan bermain dengan riak ombak. Tersedia juga sejumlah kano untuk disewa. Untuk bersantai, anda bisa memilih jejeran kedai yang dibangun di sepanjang jalan berpaving yang membentang di sepanjang pantai, atau menyewa payung lengkap dengan dipannya yang dipasang berjejer di sepanjang pantai. Tersedia juga wantilan yang cukup besar dimana tersedia toilet dan tempat penitipan barang.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Lifestyle |Tentang Kami | Privacy Policy
Powered byBlogger