BREAKING NEWS

Vacation

Trending

Tahukah anda ?

Thursday 12 March 2015

Milikilah 7 Kebiasaan Sederhana ini dan Jadilah Lebih Sehat!

Hingga kini, masih banyak yang kerap beranggapan bahwa sehat itu mahal. Padahal, anggapan ini tak selalu benar lho ! Kadang, hal-hal kecil berupa kebiasaan-kebiasaan sederhana yang rutin dilakukan saja sudah cukup membuat kita sehat bahkan tanpa kita sadari.

Nggak percaya? Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang ternyata memiliki imbas yang baik bagi kesehatan sehingga layak terus dipertahankan! Berikut selengkapnya:

1. Menjaga Kebersihan Lidah

Benar sih memang bahwa selama ini gosok gigi bisa dibilang menjadi satu-satunya kebiasaan baik yang digembar-gemborkan sebagai upaya terpenting dalam menjaga kesehatan mulut. Namun, tahukah ? Menggosok gigi saja ternyata tak cukup lho!

Selain ditentukan oleh kebersihan gigi, kesehatan mulut juga ditentukan oleh kebersihan lidah. Nah, apakah dirimu sudah termasuk yang golongan yang selalu menjaga kebersihan lidah? Jika ya, selamat!

Penting diketahui, bagian belakang lidah bisa jadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman lainnya. Jika sudah terlanjur menumpuk, bakteri dan kuman-kuman ini pada akhirnya akan menimbulkan bau mulut. Karenanya, rutinlah membersihkan lidah dengan teknik dan metode yang tepat menggunakan pembersih lidah khusus.

2. Beri Jeda pada Mata

Tanpa kita sadari, kita sering lupa memberikan jeda waktu pada mata ketika sudah terlalu asyik menjelajah dunia maya dengan gadget. Padahal, terkait hal yang satu ini para ahli sudah memberikan pedoman khusus yang disebut aturan 20-20-20 lho.

Aturan 20-20-20 yang dimaksud ini yakni palingkan pandangan selama 20 detik ke benda berjarak 20 kaki, setiap 20 menit.

3. Mengarahkan Bersin ke Lengan Atas

Banyak orang tanpa sadar mengarahkan bersin ke telapak tangan mereka atau justru bahkan dengan sengaja menutup bersin dengan telapak tangannya. Nah, jika dirimu tidak tergolong ke golongan seperti itu dan terbiasa mengarahkan bersin ke lengan bagian atas, lanjutkan kebiasaan anti-mainstream itu,.

Meski terbilang lebih mudah dibanding mengarahkan bersin ke lengan atas, mengarahkan bersin ke telapak tangan tidaklah disarankan karena kondisi telapak tangan yang belum tentu bersih justru bisa membuat flu yang tengah dirimu derita makin parah.

4. “Modifikasi” Air Minum

Dirimu tentu sudah hafal di luar kepala kan mengenai aturan bahwa untuk menjaga tubuh tetap sehat, kita wajib mengkonsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari? Sayangnya, banyak lho yang belum sepenuhnya berhasil menjalankan aturan sederhana ini. Alasannya pun beragam. Rasa tawar dari air putih yang terbilang membosankan, salah satunya.

Namun, jangan jadikan itu sebagai sebuah alasan pembenaran untuk tidak mengonsumsi air putih hingga mencapai batas minimalnya ya! Siasati kebosananmu pada rasa tawar air putih dengan “memodifikasinya”. Yup, kreasikan saja air putihmu menjadi infused water. Agar tak salah pilih dan hasilnya lebih maksimal, cari tahu lebih banyak seputar infused water di artikel ini.

Tak hanya membuat air putih semakin cantik sekaligus menyegarkan kala diminum, cara ini juga sekaligus membantumu terhindar dari dehidrasi!

5. Lepas Sepatu Kala Memasuki Rumah

Dalam tradisi di Indonesia, kebiasaan sederhana yang satu ini terbilang masih dilakukan banyak orang. Apa dirimu pun masih menjalankannya ? Jika ya, selamat!

Selain membantu rumah tetap bersih dalam jangka waktu yang lebih lama, kebiasaan sederhana yang dalam adat Jepang kuno dimaksudkan sebagai salah satu wujud penghormatan terhadap rumah ini juga akan sekaligus meminimalkan kemungkinan alergen dari luar masuk ke dalam rumah serta sekaligus membuatmu lebih mudah rileks karena secara psikis sudah merasa terbebas dari stres di kantor!

6. Menggunakan Anti-UV

Sebagai perempuan yang senantiasa ingin menjaga kecantikan, kebiasaan sederhana ini tentu tanpa sadar sudah jadi bagian dari keseharianmu kan ? Tahukah? Ternyata, para peneliti sudah membuktikan lho bahwa kebiasaan sederhana ini jelas membuatmu lebih sehat.

Ya, tak hanya membuat kulitmu senantiasa terhidrasi sehingga jauh dari tanda-tanda penuaan, penggunaan krim ataupun lotion anti-UV juga memperkecil risiko kanker kulit!

7. Tahan Diri dengan Berhitung Hingga Bilangan 10 Saat Marah

Di tengah situasi yang serba berpacu dengan waktu, stres menjadi hal yang lumrah. Jika sudah begini, emosi pun biasanya lebih mudah keluar dalam bentuk marah.

Agar hubunganmu dengan orang-orang sekitar tetap terjaga baik, yuk mulai biasakan diri menahan amarahmu dengan berhitung sampai bilangan 10 atau lebih saat hendak marah. Jangan lupa sertai dengan tarik nafas panjang di setiap bilangannya.

Menarik nafas panjang akan membuatmu lebih rileks, sementara berhitung akan mengalihkan pikiranmu dari faktor penyebab emosi.

Di lihat dari sisi medis, dua hal ini juga akan sekaligus membantu mengalihkan sistem saraf dari sistem simpatik ‘fight or flight’ ke sistem parasimpatik ‘rest and digest

Itu tadi adalah 7  Kebiasaan Sederhana Hidup sehat yang dapat anda terapkan dirumah. Semoga sedikit ulasan diatas dapat bermanfaat

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Lifestyle |Tentang Kami | Privacy Policy
Powered byBlogger