BREAKING NEWS

Vacation

Trending

Tahukah anda ?

Sunday, 15 March 2015

11 Cara Cepat Untuk Membasmi Jerawatmu !

Meskipun terlihat sepele, jerawat bisa jadi salah satu jenis penyakit kulit yang paling menyebalkan. Selain terasa sakit, jerawat sudah pasti membuat kepercayaan dirimu menurun. Tak heran munculnya jerawat yang kadang tiba-tiba bisa membuatmu kesal, bad mood, bahkan enggan keluar rumah.

Nah, agar jerawat tak mengganggu aktivitasmu, kali ini Hipwee sudah menyiapkan 10 cara praktis dan sederhana buat menghalau jerawat jauh-jauh dari wajahmu. Gimana sih, caranya? Langsung simak, yuk!

1. Kalahkan Jerawat dengan Pasta Aspirin

Aspirin atau asam asetilsalisilat biasanya digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit, misalnya saat flu atau demam. Termasuk jenis anti-inflamasi atau obat-obatan yang mengurangi tanda-tanda dan gejala peradangan, penggunaan aspirin ternyata juga ampuh untuk membasmi jerawat.

Caranya, buat pasta aspirin dengan takaran 1 bagian aspirin dan 3 bagian air. Selanjutnya, gunakan cotton buds untuk mengoleskan pasta aspirin pada jerawat. Setelah sekitar 30 menit pasta akan mengeras bersamaan dengan jerawat yang mengering. Terakhir, gunakan tisu atau handuk basah untuk membersihkannya.

2. Zat Kaporit Juga Bisa Melawan Jerawat. Jadi, Sering-Seringlah Berendam di Kolam Renang

Saat muncul jerawat di wajah, berendam di kolam renang bisa jadi solusi untuk menghalau jerawatmu lho. Pasalnya, salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kandungan minyak yang berlebih di wajah. Sementara, air kolam renang mengandung zat klorin atau kaporit yang bagus untuk mengeringkan kulit dan otomatis membantu mengatasi jerawatmu.

Namun, sebelum berendam sebaiknya gunakan pula pelembab untuk melindungi tubuh dan rambut. Pastikan juga kamu berenang di kolam yang kebersihan airnya terjaga dengan baik.

3. Gunakan Lidah Buaya Sebagai Masker

Aloe Vera atau biasa disebut dengan tanaman lidah buaya ternyata punya 3 manfaat sekaligus bagi kulit wajah. Lendir pada daging buah tanaman ini terbukti bisa menghilangkan bercak-bercak kemerahan akibat jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan membuat kulih wajah terasa lebih kenyal dan segar.

4. Pasta Gigi Tak Kalah Ampuh Membasmi Jerawatmu

Biasa digunakan sehari-hari dan sudah pasti tersedia di kamar mandi rumahmu, pasta gigi ternyata tak hanya bisa digunakan untuk menggosok gigi. Pasta gigi yang mengandung silika ternyata ampuh mengusir jerawat. Bahkan, dalam waktu semalam, mengoleskan pasta gigi pada jerawat saat sebelum tidur bisa memperkecil ukuran jerawat dan membuatnya kering.

Namun perlu diingat, tidak semua jenis kulit bisa “kuat” dihajar dengan pasta gigi. Untuk kamu yang berkulit sensitif, cara satu ini sebaiknya dihindari. Atau jika tetap ingin menjajalnya, konsultasikan dulu dengan dokter kulitmu.

5. Atasi Jerawat dengan Masker yang Terbuat dari Campuran Madu dan Kayu Manis Bubuk

Madu adalah jenis antibiotik yang sifatnya alami. Selain bisa mengatasi jerawat, penggunaan madu sebagai masker wajah juga bermanfaat membersihkan wajah dari berbagai kotoran yang menempel.

Masker madu bisa dibuat dengan takaran 2 sendok madu yang dicampur dengan 1 sendok kayu manis bubuk. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker pada wajah termasuk bagian wajah yang berjerawat. Tunggu kira-kira 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

6. Bawang Putih Bermanfaat Mengobati Sekaligus Mencegah Jerawat

Siapa sangka, salah satu jenis bumbu masak ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Yup, bawang putih memiliki kandungan anti oksidan tinggi, termasuk anti bakteri, anti jamur, dan anti virus.

Selain bisa menghilangkan jerawat, konsumsi bawang putih adalah cara pencegahan jerawat yang paling ampuh. Jika bawang putih yang dihaluskan bisa langsung digunakan pada kulit normal yang berjerawat, khusus untuk kulit sensitif bisa mencampur bawang putih tumbuk dengan air.

7. Rajinlah Menguapi Wajah di Rumah

Menguapi wajah jadi salah satu cara menghalau jerawat lantaran penguapan mengakibatkan pori-pori kulit terbuka. Akibatnya, baik sel kulit mati maupun kotoran dan minyak di wajah akan mudah terangkat. Selain jerawat jadi lebih cepat hilang, penguapan juga bermanfaat untuk melembabkan dan mendetoksifikasi kulit.

8. Gunakan Benzoil Peroksida dan Vitacid

Cara lain yang tak kalah cepat mengatasi jerawat yaitu dengan penggunaan Benzoil Peroksida. Yup, Benzoil Peroksida adalah bahan aktif yang biasa digunakan pada krim-krim jerawat. Saat dioleskan pada jerawat, Benzoil Peroksida memberikan oksigen dalam pori-pori sehingga bisa membunuh bakteri jerawat yang disebut Propionibacter Acnes.

Selain Benzoil Peroksida, jerawat pun bisa diobati dengan Vitacid. Keduanya adalah obat oles siap pakai yang bisa dibeli di apotik. Namun, untuk menghindari efek samping sebaiknya konsultasikan penggunaan kedua obat ini pada petugas apotik. Gunakan pula keduanya dengan kadar obat mulai dari yang paling rendah, misalnya Benzoil Perokside 2,5% dan Vitacid 0,025%.

9. Oleskan Tea Tree Oil Pada Kulit yang Berjerawat

Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari tanaman khas Australia, Melaleuca Alternifolia. Selain mengatasi jerawat secara alami, Tea Tree Oil juga ampuh membersihkan kulit wajah. Kandungan zat anti jamur dan anti bakteri pada Tea Tree Oil bahkan sama efektifnya dengan Benzoil Peroksida lho!

10. Jerawat Bisa Dilawan dengan Masker Mentimun

Seringkali kita menggunakan mentimun untuk mengompres mata yang sembab atau bengkak. Pasalnya, timun bisa bekerja sebagai anti-inflamasi sehingga cocok untuk meredam jerawat.

Caranya, hancurkan mentimun lalu campur dengan air lemon dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu basuh dengan air hangat. Selain jerawat yang akan mengempis, warna kemerahan akibat peradangan pun akan menghilang.

11. Stop! Jangan Sekali-Kali Memencet Jerawatmu!

Nah, satu hal yang tak boleh dilakukan saat jerawat muncul di wajahmu adalah memencetnya. Meskipun tangan seringkali ‘gatal’ untuk menyentuh atau memencet jerawat lantaran merasa risih, sebaiknya kendalikan dirimu.

Memencet jerawat hanya akan mengakibatkan munculnya jaringan parut pada bekas jerawat. Selain itu, memencet jerawat berarti membiarkan bakteri yang hidup pada jerawat menyebar ke bagian pori-pori lain. Akibatnya, jerawat-jerawat baru justru akan muncul lebih banyak.

Nah, itu tadi beberapa cara praktis mengatasi jerawat yang bisa kamu coba saat jerawat mulai muncul dan mengganggu hari-harimu. Namun, disiplin menjaga kebersihan kulit wajah sebagai tindakan pencegahan munculnya jerawat sudah pasti wajib kamu lakukan, ya!

source : Nabila Inaya

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Lifestyle |Tentang Kami | Privacy Policy
Powered byBlogger