BREAKING NEWS

Vacation

Trending

Tahukah anda ?

Tuesday 10 March 2015

Air Terjun Madakaripura

Satu lagi destinasi wisata yang patut di kunjungi apabila anda berpergian ke Probolinggo. Air terjun Madakaripura, Air terjun ini terletak tepatnya di Kecamatan Lumbang, Probolinggo dan masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini berada di antara tebing-tebing hijau yang menjulang tinggi yang seakan-akan membentuk tirai di seluruh bidang tebingnya, dan membuat pemandangan yang sangat eksotis

Apabila anda berkunjung ke Probolinggo atau ke Gunung Bromo tidak mengunjungi Air Terjun Madakaripura sangatlah rugi, karena Air terjun ini sangatlah dekat dengan pusat Kota Probolinggo dan satu jalur apabila anda berkunjung ke Gunung Bromo melewati Tongas – Probolinggo. Jadi apabila anda berkunjung ke Probolinggo singgahlah ke destinasi wisata yang satu ini untuk menikmati suasana pegunungan dan air terjun di dalamnya. di tengah perjalanan mengunjungi wisata ini anda akan disuguhi pemandangan pohon-pohon besar, dan juga udara yang segar serta sungai sungai kecil yang menghiasi pemandangan di sekitar Air Terjun Madakaripura ini.

Air Terjun Madakaripura juga merupakan air terjun abadi, karena air terjun ini memiliki aliran air yang tidak pernah berhenti, bahkan pada musim kemarau sekalipun. dan apabila anda berkunjung kesini , disarankan untuk membawa jas hujan atau baju ganti, karena bisa dipastikan baju Anda akan basah oleh percikan dan guyuran air di tempat ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter. dan merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Beberapa Fasilitas juga tersedia di kawasan wisata ini seperti masjid, kamar mandi umum, warung makan serta penyedia jasa penyewaan payung juga tersedia. dan apabila anda berkeinginan menggunakan jasa pemandu, anda bisa mendapatkannya dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 50.000 untuk sekali jalan.

Menurut Legenda Jawa Kuno, yang ditulis dalam Kitab Negarakertagama, Madakaripura dahulunya adalah sebidang tanah yang dihadiahkan oleh Raja Majapahit ( Hayam Wuruk ) kepada Patih Gajih Mada. dan di tempat ini juga konon patih Gajah Mada menghilang secara fisik dan spiritual atau moksa dari muka bumi. Untuk itu dikawasan wisata ini juga terdapat patung Patih Gajah Mada. menurut penduduk sekitar yang beragama hindu, Air terjun ini juga masih dianggap sebagai Air Suci atau Tirta Sewana. dan biasanya para penduduk tengger menggunakan air terjun ini untuk prosesi upacara Mendhak Tirta yang dilakukan setiap tahun.

Rute untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah, apabila anda berangkat dari Surabaya anda bisa terus melakukan perjalanan ke Sidoarjo kemudia dari Sidoarjo ke Porong, dan melanjutkanya menuju Kabupaten Pasuruan, dari kabupaten Probolinggo anda lanjut menuju ke Kabupaten Probolinggo tepatnya ke pertigaan Kecamatan Tongas. sesampai di pertigaan Kecamatan Tongas – Probolinggo, Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo, dan Anda ikuti petunjuk itu, dari pertigaan Tongas anda harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 20-30 menit ke Kecamatan Lumbang, setelah anda mesuk di Kecamtan Lumbang di dekat Pasar Lumbang anda akan menemui pertigaan dan melihat tanda arah lagi untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura. Anda bisa mengikuti tanda tersebut dan akan sampai di depan pintu masuk Air Terjun Madakaripura. Kemudian sesampainya di tempat parkir, Anda harus berjalan kaki dengan perkiraan perjalanan satu kilometer melewati jalan setapak serta menyeberangi sungai sebelum akhirnya sampai di lokasi air terjun. medan di tempat ini boleh diblang agak berat dan sering terjadi bencana tanah longsor, untuk itu disarankan untuk menggunakan Pemandu demi keselamatan perjalanan anda.

Biaya tiket masuk ke kawasan wisata ini boleh dibilang cukup murah anda hanya dikenakan biaya Rp. 5000 rupiah untuk satu orang pengunjung, jadi sangat terjangkau sekali bukan ?. biaya tersebut diluar biaya parkir kendaraan Anda.

Sebaiknya kamu tidak pergi ke kawasan ini ketika musim hujan, karena masih termasuk ke dalam kawasan daerah yang rawan longsor. Gunakan sandal jepit karena kawasan ini cukup licin.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Lifestyle |Tentang Kami | Privacy Policy
Powered byBlogger