BREAKING NEWS

Vacation

Trending

Tahukah anda ?

Monday, 16 March 2015

10 Tips Alami yang Bisa Kalian Lakukan Untuk Melawan Sakit Flu

Gak sedikit orang yang akhirnya harus membolos kerja atau kuliah karena terserang flu. Walau tak berbahaya, virus ini memang merepotkan. Bukan hanya rasa sakit yang kita rasakan, tapi juga demam sakit tenggorokan, nyeri sendi, batuk, pilek, bersin-bersin, hingga nyeri sendi.

Kalau sudah begini, kita akan terpikir untuk langsung minum obat agar flu cepat berlalu. Namun tahukah kamu, bahwa obat-obatan kimia justru bisa membuat tubuhmu lebih resisten di masa depan? Dengan kata lain, jika kamu sudah terbiasa meminum obat-obatan kimia, efektivitas mereka untuk meredakan flu akan turun seiring waktu.

Daripada obat, kamu bisa menggunakan cara-cara praktis untuk meredakan flu. Mau tahu apa saja?

1. Kebersihan tombol lift sampai alat tulis kantor harus kamu perhatikan. Untuk mencegah virus berpindah, rutinlah cuci tangan.

Jika kamu sedang terserang flu, menjaga kebersihan adalah hal yang wajib kamu terapkan. Cucilah tanganmu dengan air atau gel antiseptik setelah menggunakan barang-barung umum, seperti menekan tombol lift, membuka keran, atau membukakan gagang pintu di kantor. Jangan takut dikira sok bersih. Dengan cara ini, kamu justru bisa mencegah orang lain di kantor atau kampus tertular virus dari tubuhmu.

Mencuci tangan juga bisa mencegahmu jatuh sakit. Virus flu yang tadinya menempel di jari-jari tangan akibat kontak dengan tombol lift atau gagang pintu kini telah disingkirkan oleh air atau gel. Jadi jangan malas untuk mencuci tangan, ya.

2. Sop berkaldu tak hanya menghangatkan tubuhmu, namun juga bisa meredakan flu

Makanan memang obat paling mujarab. Namun, kamu juga perlu tahu nutrisi yang tepat agat makananmu tepat guna. Jika kamu ingin flu mu cepat menghilang, kamu bisa memilih masakan berkaldu sebagai obat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa sop ayam bisa meredakan flu karena adanya kandungan kaldu. Selain rasanya yang lezat, kaldu yang ada di dalamnya ampuh merangsang sel-sel tubuhmu untuk melawan virus flu yang sedang membuat tubuhmu ambruk. Nah, pengen cepat sehat? Jangan lupa pilih menu makanan yang satu ini ya.

3. Mau pertahanan tubuh yang lebih kuat? Sebelum tidur, mandilah dengan air hangat!

Flu adalah salah satu kondisi fisik yang susah-susah gampang untuk diredakan. Tapi, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mandi air hangat sebelum tidur. Air hangat meringankan hidungmu yang tersumbat agar menjadi lebih plong serta sensasi rasa tenang juga bisa membuat sakit kepalamu tersamarkan. Selain itu mandi air hangat juga bisa membuat aliran darahmu lancar sehingga istirahatmu lebih berkualitas. Dengan kondisi nyaman dan bersih seperti ini, maka tubuhmu bisa lebih ampuh dan daya tahan tubuhmu menjadi meningkat. Jadi, virus flu yang bersarang di tubuhmu bisa segera diatasi dengan cepat.

4. Berhentilah meletakkan tanganmu pada railing tangga. Disitu banyak kumannya!

Kunci menyembuhkan flu adalah meningkatkan daya tahan tubuh supaya sel-sel imun dalam tubuhmu bisa mengatasi virus dengan baik. Alih-alih ingin cepat sembuh, terkadang kamu justru tak sengaja membiarkan kuman atau patogen lain masuk ke dalam tubuhmu dan flu mu bisa makin parah dan tak kunjung sembuh. Nah, jika kamu ingin cepat sembuh gak ada salahnya untuk mulai menghentikan kebiasaan memegang railing tangga. Seringkali railing tangga akan mengendapkan berbagai macam kuman dari tangan banyak orang. Alih-alih sembuh, tangan yang tertempel kuman — yang akan kamu gunakan saat bersin dan makan — justru bisa memperparah keadaan. Jadi, jika ingin tubuhmu punya daya tahan yang kuat, berhenti menaruh tangan di pegangan tangga, ya.

5. Kumur-kumur dengan air garam memang tidak enak, tapi efektif untuk menghilangkan radang karena flu yang datang.

Virus influenza bukan hanya menyebabkan pilek atau sakit kepala, namun juga radang tenggorokan. Kamu bisa mengatasi radang dengan mulai berkumur-kumur larutan garam.

Caranya mudah. Pertama, larutkan satu sendok garam pada satu gelas air. Lalu gunakan untuk berkumur hingga menyentuh dinding tenggorokan. Setelah itu, barulah kamu muntahkan larutan garam tersebut ke luar.

Larutan garam efektif untuk meluruhkan dahak dan patogen lain yang menempel pada tenggorokanmu. Dengan begitu, radang pun diharapkan lebih cepat hilang.

6. Sajian teh hangat dengan tambahan madu juga bisa membantu harimu.

Walau sakit flu hanyalah sakit ringan, ia tetap membuat hari jadi berat. Nah, agar harimu lebih menyenangkan, cobalah tips meredakan flu dengan rajin minum teh hangat. Teh mengandung banyak antioksidan yang bisa membuat badanmu lebih segar. Selain itu teh juga punya theobromine yang ampuh meredak flu lho. Agar lebih “nendang”, kamu bisa tambahkan madu. Madu cukup ampuh untuk mendongkrak daya imun tubuhmu. Dengan minum ini, kamu bisa lebih cepat untuk sehat dan kembali beraktivitas.

7. Saat flu menyerang, minuman atau pil vitamin C bisa jadi amunisi perang.

Layaknya perang, saat flu datang kamu juga butuh “senjata” agar tubuhmu bisa fit lagi. Maka, yang kamu butuhkan sebagai senjata untuk menangani virus ini adalah vitamin C. Vitamin ini bisa memperlambat laju virus yang menyerangmu, selain itu kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih bugar dan sehat. Kamu bisa mendapatkannya dari buah jeruk, minuman bervitamin, atau suplemen. Nah, kamu ingin segara fit lagi? Maka pastikan kamu konsumsi ini ya.

8. Flu seringkali terasa lebih berat ketika malam. Karena itu, tidurlah lebih tenang dengan menggunakan dua bantal.

Virus influenza bukan hanya menyebabkan sakit kepala. Gak jarang hidungmu juga tersumbat dan membuatmu susah bernapas. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan dua bantal sekaligus. Dengan ini posisi kepala jadi lebih tinggi dibandingkan tubuhmu. Kamu pun akan lebih mampu bernapas seperti biasa. Jadi kamu bisa tidur dengan nyenyak sehingga daya tahan tubuhmu pun menjadi lebih kuat. Dan jangan lupa: pastikan bantalmu bersih dan tidak banyak debu ya.

9. Rasa pedas tak hanya akan membuatmu ketagihan makan, tapi juga bisa meringankan flu yang sedang bersarang.

Walau tidak berbahaya, flu bisa terasa sangat menyiksa. Jika sudah parah kondisinya, badan menjadi lemas tak berdaya. Nah, agar lebih segar, sekarang kamu bisa coba terapkan tips makan-makanan berkuah yang pedas. Mungkin kamu bisa makan semangkok sop dengan tambahan beberapa cabai. Sensai pedas yang dihasilkan oleh cabai bisa membuatmu menjadi lebih bersemangat. Selain itu, cabai juga bisa merangsang lendir dari hidungmu untuk keluar dan meringankan gejala flu yang yang menyerang. Selain membuatmu lebih lahap makan, rasa pedas juga bisa jadi makanan favorit saat flu menyerang.

10. Flu tak bisa hilang hanya dengan obat dan makan sehat. Kamu juga butuh istirahat, agar tubuh bisa lebih kuat.

Flu bisa menyiksamu dikarenakan tingkah virus. Mungkin selama ini kamu hanya mengandalkan obat atau makan banyak, namun kadang hal ini tidak terlalu ampuh untuk mengatasi. Karena jurus tambahan untuk menang perang dengan virus ini adalah istirahat. Tak ada salahnya kamu tidur sebentar di sela-sela kesibukan. Paksa diri beristirahat saat flu sudah semakin berat.

Ini adalah cara jitu untuk mendapatkan kembali daya tahan tubuhmu yang hilang.

Nah, daripada kamu harus tergantung pada obat-obat kimia, gak ada salahnya mencoba alternatif lain yang lebih efektif dalam jangka panjang. Cara-cara di atas bisa kamu aplikasikan.

Semoga cepat sehat  ya :D

source : agustin fatimah

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Lifestyle |Tentang Kami | Privacy Policy
Powered byBlogger